Cahaya Merah Misterius di Langit Tertangkap Kamera



detail berita
(Foto: Livescience)
CALIFORNIA - Sebuah foto menampilkan cahaya merah misterius yang muncul di langit. Objek tersebut ditangkap oleh Jason Ahrns, yang merupakan peneliti pascasarjana University of Alaskaas yang sedang berada di pesawat terbang  National Center for Atmospheric Research's Gulfstream V.

Dilansir Livescience, Jumat (23/8/2013), foto menakjubkan dari cahaya merah ini dinamakan 'sprites' yang membantu peneliti memahami bagaimana semburan elektrik misterius dapat terbentuk. Kabarnya, fenomena penampakan cahaya merah ini berhubungan dengan petir.

Sprites yang menampakan diri kurang dari satu detik ini muncul di atas badai petir. Beberapa peneliti yang melihat cahaya merah misterius ini mengatakan, kelompok partikel bermuatan bisa terlihat seperti ubur-ubur besar, bola merah dengan sulur-sulur yang mencapai ke dalam awan.

Namun, khusus yang tertangkap kamera ini, sprite merah mengambil banyak bentuk Beberapa sprite bisa dilihat dari daratan, sementara para ilmuwan juga dapat memburu penampakan cahaya merah ini dari udara.

Jason Ahrns menangkap gambar unik ini selama menjalani beberapa penerbangan musim panas di atas Midwest. Ia menggunakan pesawat riset National Center for Atmospheric Research's Gulfstream V bersama tim dari University of Alaska dan Air Force Academy Amerika Serikat serta Fort Lewis College di Durango, Colorado untuk berburu sprite.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar